Peringati Hari Sukarelawan PMI Solo Berangkatkan Relawan ke Banten

Hari ini Rabu (26/12/2018) Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta merespon kejadian bencana tsunami yang melanda Selat Sunda, yakni Provinsi Banten dengan mengirimkan relawan dan bantuan. Pengiriman Relawan dan beberapa Staff seijin dari PMI Pusat dan juga sebagai wujud peringatan hari Sukarelawan PMI yang bertepatan tanggal 26 Desember.

Relawan dan staff yang ditugaskan sebanyak 10 personel yang memiliki kompetensi medis maupun non medis dengan membawa 2 armada yakni Ambulans dan Double Cabin untuk mobilisasi kegiatan tanggap darurat bencana disana. Rencana keberangkat tim ke Banten pukul 15:00 WIB. Para Relawan dan Staff yang diberangkatkan akan difokuskan untuk melakukan evakuasi, pengobatan dan assessment (pendataan lapangan) di daerah terdampak bencana.

Sekretaris sekaligus CEO PMI Kota Surakarta Sumartono Hadinoto menjelaskan telah berkoordinasi dengan PMI Pusat maupun Provinsi Jawa Tengah terkait pengiriman relawan dan staff untuk tanggap darurat bencana. Pasalnya, untuk membantu korban bencana alam khususnya di luar daerah, PMI Kota Surakarta harus terlebih dahulu meminta izin kepada PMI Pusat seperti pada waktu kejadian bencana di Lombok dan Palu. Peduli Bencana

“Disamping memberikan penanganan medis, disana nanti para relawan juga bisa pendataan lapangan (assessment) di lapangan sehingga ada laporan kepada PMI mengenai kebutuhan mendesak yang bisa segera dikirimkan dari Solo ke sana,” ujar Sumartono.

Selain itu PMI Kota Surakarta juga menggalang dana untuk bencana tsunami yang melanda Selat Sunda lewat Bank BCA No Rek. 01 585 22 333 an. PMI Solo Peduli Bencana dan Bank Mandiri No. Rek. 138 00 1586330 6 an. Palang Merah Indonesia Kota Surakarta.

No Comments

Post a Comment