yabcYouth as Agents of Behavioural Change (YABC)

Sebagai anggota dari Federasi Palang Merah Internasional, PMI Kota Surakarta sangat berkomitmen untuk mempromosikan budaya global yakni menghormati keberagaman, anti kekerasan, anti diskriminasi dan kesenjangan sosial dalam remaja. Federasi Palang Merah Internasional dengan sangat jelas menggarisbawahi peran palang merah untuk mengubah pola pikir, sikap dan perilaku pada tahun 2020.Sering dikatakan bahwa kaum muda adalah sebagai agen perubahan di masa depan dari Palang Merah Indonesia, sehingga kaum muda merupakan kekuatan gerakan perubahan di sini dan sekarang, dan harapan terbaik di dunia untuk perubahan perilaku yang nyata dan abadi di tingkat masyarakat dan seterusnya.

Selanjutnya

Palang Merah Remaja (PMR)

Apakah PMR itu?

PMR (Palang Merah Remaja) adalah wadah kegiatan remaja di sekolah atau Lembaga pendidikan formal dalam kepalangmerahan melalui program Ekstra Kurikuler.

Apakah Manajemen PMR itu?

Manajemen PMR merupakan proses pembinaan dan pengembangan anggota remaja PMI agar dapat mendukung peningkatan kapasitas organisasi dan pelayanan PMI. Tujuan dari manajemen PMR adalah untuk membangun dan membangun dan mengembangkan karakter PMR yang berpoman pada prinsip kepalangmerahan untuk menjadi relawan masa depan.

Selanjutnya

Relawan

Apakah Relawan itu ?

Relawan adalah orang yang tanpa dibayar menyediakan waktunya untuk mencapai tujuan organisasi, dengan tanggung-jawab yang besar atau terbatas, tanpa atau dengan sedikit latihan khusus, tetapi dapat pula dengan latihan yang sangat intensif dalam bidang tertentu, untuk bekerja sukarela membantu tenaga profesional.

Apakah Manajemen Relawan itu ?

Manajemen relawan merupakan proses pembinaan dan pengembangan anggota relawan PMI agar dapat mendukung peningkatan kapasitas organisasi dan pelayanan PMI. Relawan di sini terbagai menjadi dua, yakni Tenaga Sukarela (TSR) dan Korps Sukarela (KSR).

Selanjutnya

pmr

 

Siamo tutti fratelli (kita semua bersaudara) – Henry Dunant

Data SDM PMI Kota Surakarta

Berdasarkan data pada tahun 2012, jumlah sumber daya manusia (SDM) PMI Kota Surakarta adalah :

  1. Pengurus Kota : 11 Orang
  2. Tenaga Sukarela : 239 Orang
  3. Korps Sukarela : 606 Orang
  4. PMR : 6.264 Orang
  5. Pembina PMR & Pelatih : 1.053 Orang
  6. Staff PMI Kota Surakarta : 126 Orang